Penjelasan Mengenai LSBU

BUJK Wajib Paham, Begini Penjelasan Mengenai LSBU!

Memperoleh SBU bisa dianggap mudah, tetapi juga sedikit kompleks. Meskipun saat ini telah tersedia sistem online terintegrasi, nyatanya masih banyak Badan Usaha Jasa Konstruksi yang kebingungan dengan regulasi yang ada.

Sebagai permulaan, izinkan kami untuk bertanya apakah Anda memahami apa itu LSBU?

Lembaga Sertifikasi Badan Usaha disingkat LSBU, adalah lembaga yang mendapatkan izin dari LPJK untuk melaksanakan kegiatan pemberian sertifikasi terhadap suatu badan usaha.

Setiap LSBU mempunyai ruang lingkupnya sendiri, untuk bidang konstruksi maka lingkup sertifikasinya meliputi: konstruksi bangunan hunian, konstruksi industri, bangunan sipil, dan lain-lain.

Pihak yang ditunjuk sebagai LSBU umumnya merupakan bagian dari Asosiasi Badan Usaha Jasa Konstruksi yang telah terakreditasi, ketentuan ini mengacu pada Undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Bisa dipahami peran LSBU disini sangatlah penting, SBU yang Anda peroleh akan menyesuaikan dengan asosiasi yang dipilih.

Tanggung Jawab, Tugas, dan Wewenang LSBU

LSBU mempunyai tanggung jawab melaksanakan sertifikasi kemampuan usaha sesuai dengan bidangnya. Adapun untuk tugas dan kewenangan dari Lembaga Sertifikasi Usaha antara lain:

  • Mengembangkan standar kemampuan usaha
  • Melaksanakan penilaian dan evaluasi dalam proses sertifikasi kemampuan usaha
  • Menerbitkan sertifikat badan usaha
  • Menerbitkan Sertifikat Badan Usaha serta mengajukan registrasinya ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak Republik Indonesia melalui Lembaga Pengembangan Jasa (LPJK)
  • Melakukan proses sertifikasi badan usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Memberikan sanksi kepada asesor badan usaha apabila ditemukan adanya pelanggaran
  • Mengusulkan skema sertifikasi kepada LPJK

Dalam menjalankan tugasnya, LSBU berpedoman yang diterbitkan oleh BSN (Badan Sertifikasi Nasional) Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Peran dari LSBU bisa dibilang sangat penting, bisa dikatakan mustahil badan usaha bisa mendapatkan SBU secara resmi secara independen.

Untuk memberikan kepastian sertifikasi, bagaimana cara mengetahui bahwa LSBU yang kita pilih itu sudah sesuai dengan rekomendasi pemerintah?

Cara mengetahuinya cukup mudah, perhatikan apakah LSBU yang Anda pilih sudah berlisensi atau belum.

Cara Cek Lisensi LSBU Sebelum Mengurus SBU

Untuk mengecek apakah lembaga sertifikasi yang dipilih sudah resmi atau tidak maka Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Pertama kunjungi laman lpjk.pu.go.id
  • Kemudian, arahkan ke bagian “Bank Data”
  • Disana akan tertera informasi lengkap mengenai badan usaha apa saja yang telah terdaftar di LPJK

Sebagai referensi singkat, berikut ini sejumlah LSBU yang telah memperoleh lisensi:

LSBU askonas terdaftar
  • Gamana Krdia Bhakti (GAPENSI)
  • Lembaga Sertifikasi INKINDO
  • Andalan Sertifikasi Kontraktor Nasional (ASKONAS)
  • Sertifikasi Badan usaha Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional (GAPEKSINDO)
  • Aspeknas Konstruksi Mandiri
  • Bina Mitra Rancang Bangun (GAPENRI)
  • Sertifikasi Kontraktor Indonesia (AKI)
  • Sertifikasi Kontraktor Indonesia (AKTI)
  • LSBU Konstruksi Indonesia (ASPEKINDO)
  • LSBU Gapeknas Infrastruktur (GAPEKNAS)
  • PT Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konsultansi (Perkindo)

Daftar LSBU di atas bisa dijadikan acuan untuk menentukan lembaga mana yang nantinya akan Anda pilih untuk proses pengurusan SBU. Silahkan cek profil masing-masing lembaga sertifikasi, dan bergabunglah dengan asosiasinya.

Apabila sekiranya Anda merasa bingung dalam menentukan asosiasi kontraktor, silahkan cek asosiasi kontraktor terbaik kami sudah buat rangkuman penjelasan mengenai profil beberapa asosiasi yang sudah ada cukup lama di Indonesia dan anggotanya juga cukup banyak mencapai 25 ribu lebih, salah satunya adalah ASKONAS.

Konsultan SBU Untuk Membantu Pengurusan Sertifikat Anda

Mengalami kendala dalam mengurus SBU? Merasa kesulitan memenuhi dokumen dan persyaratan yang ditentukan? Anda bisa menggunakan layanan dari Adhikari.co.id, kami menyediakan jasa konsultan SBU konstruksi siap memberikan kemudahan yang dibutuhkan oleh BUJK.

Kantor kami bertempat di Jakarta. Namun, untuk penyediaan layanan urus SBU saat ini bisa dilakukan secara online.  Dengan demikian, kami bisa membantu BUJK yang berasal dari luar daerah untuk mengurus Sertifikat Badan Usaha melalui sistem terintegrasi.

Apa Saja yang Anda Dapatkan?

Dengan memilih jasa konsultan dari kami, maka sejumlah benefit berikut akan segera Anda peroleh.

1. SBU yang Diterbitkan Dari LSBU Berlisensi

Anda sudah memahami ilmunya, bahwa SBU yang valid hanya boleh diterbitkan oleh LSBU yang sudah terakreditasi dan resmi. SBU palsu akan membuat Anda berada dalam masalah, jadi sebelum menyesal lebih baik percayakan kepada tenaga profesional.

2. Konsultasi Bersama Tim yang Kompeten

Kami adalah partner Anda. Tidak perlu ragu untuk bertanya mengenai pengurusan SBU. Kendala dan masalah akan segera teratasi dengan baik bersama konsultan Adhikari yang sudah kompeten di bidangnya.

Adapun untuk biaya mengurus SBU bisa langsung ditanyakan kepada admin. Kami telah menyediakan informasi kontak yang lengkap, bisa Anda cek pada halaman kontak kami atau lakukan interaksi langsung melalui Whatsapp dengan praktis.

Kemudahan mengurus  Sertifikasi Badan Usaha sudah ada digenggaman Anda, kami akan senantiasa memberikan solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi di seluruh Indonesia.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?