Pendirian sebuah perusahaan PT yang bergerak di bidang JPTL (Jasa Penunjang Tenaga Listrik) bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk membangun sebuah badan usaha di bidang ini.
Tidak hanya modal yang tinggi, tetapi juga Anda membutuhkan tenaga kerja yang kompeten dan memenuhi standar kualifikasi tertentu.
Pekerjaan profesional ketenagalistrikan memang bisa di katakan usaha yang terbatas. Hal ini berarti, tidak semua orang dapat menjalankan kegiatan usaha di bidang ini.
Namun, tentunya tidak ada kata mustahil. Apabila Anda mempunyai tim yang kompeten di bidang ketenagalistrikan,dan siap berkomitmen penuh menyediakan layanan bagi masyarakat, maka memahami prosedur pendirian perusahaan PT bisa menjadi langkah awal yang bisa di pelajari.
Syarat Mendirikan Perusahaan PT Bidang Jasa Penunjang Tenaga Listrik
Untuk mendirikan perusahaan PT di bidang jasa ketenagalistrikan, Anda perlu melengkapi dua kategori persyaratan antara lain sebagai berikut:
Syarat Umum
Persyaratan umum berlaku untuk pendirian perusahaan PT secara luas. Karena saat ini pengurusan izin sudah terintegrasi dengan OSS RBA, maka acuannya menentukan sistem tersebut.
- Nama perusahaan
- Tujuan dan maksud
- Lokasi dan tempat badan usaha
- Struktur permodalan
- Pengurus atau pimpinan
- KTP dan NPWP pengurus
- Akta pendirian
- NIB
- Menentukan KBLI (kode KBLI relevan: 43211)
- Sertifikat Standar
Syarat Khusus
Selain syarat umum, Anda juga perlu melengkapi sejumlah dokumen sertifikasi dan persyaratan khusus untuk badan usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik.
- SBUJPTL (SBU Kelistrikan)
- IUJPTL
- Serkom/SKTTK
- SMM (Standar Manajemen Mutu)
- Standar K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)
Pengurusan Perusahaan PT Jasa Penunjang Tenaga Listrik
Pengurusan PT secara umum bisa di lakukan secara online, adapun untuk tahapannya sebagai berikut.
1. Mengurus Legalitas Di OSS RBA
Pertama, Anda perlu mengunjungi situs oss.go.id di lanjutkan dengan memilih opsi daftar. Setelah itu, di lanjutkan dengan mengisi data-data perusahaan yang di persyaratkan oleh OSS.
Silahkan pilih menyesuaikan dengan modal usaha awal:
- UMK: kurang dari 5 milyar
- Non-UMK: Lebih dari 5 milyar
Saat melakukan pendaftaran pastikan Anda menggunakan email perusahaan aktif. Selesaikan pendaftaran sampai berhasil melakukan verifikasi pembuatan akun.
2. Mengajukan Permohonan Izin Usaha Baru
Setelah membuat akun Anda bisa melakukan login untuk memulai permohonan izin usaha baru pada halaman utama OSS. Nantinya akan muncul informasi mengenai data apa saja yang perlu di isi. Selanjutnya Anda bisa mengunggah berkas-berkas yang di persyaratkan.
Perizinan umum untuk pendirian PT jasa penunjang tenaga listrik bisa di lakukan sepenuhnya melalui sistem OSS RBA. Nantinya Anda akan memperoleh NIB, dan legalitas lainnya.
3. Mengurus Izin Usaha Khusus Jasa Penunjang Tenaga Listrik
Bagian yang cukup kompleks adalah izin usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik untuk bagian yang khusus.
Pertama, adalah SBUJPTL pengurusan sertifikat ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Tidak bisa di urus melalui OSS Anda perlu membuka portal perizinan terintegrasi dari ESDM bernama siujang.esdm.go.id.
Namun, sebelum melakukannya Anda perlu memastikan badan usaha telah mempunyai tenaga profesional di bidang ketenagalistrikan sesuai dengan kualifikasi.
Untuk SBU kualifikasi kecil minimal ada 1 Penanggung Jawab Teknik (PJT) kompetensi level 5 dan 1 Tenaga Teknik (TT) kompetensi minimal level 3.
Informasi lebih lengkap bisa di lihat pada prosedur pengurusan SBUJPTL. Adapun untuk sistem manajemen mutu, K3, ISO bisa di urus melalui lembaga sertifikasi yang berbeda.
Anda tidak bisa mengurusnya ketiga persyaratan tersebut secara mandiri, karena di perlukan pengujian dari auditor dan lembaga yang ahli.
Solusi Untuk Mengurus Perusahaan PT Dengan Cepat dan Aman
Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengurus pendirian Perusahaan PT bidang Jasa Penunjang Tenaga Listrik, maka ada baiknya untuk menggunakan bantuan konsultan.
Adhikari menyediakan semua yang Anda butuhkan, kami dapat membantu mengurus pendirian Perusahaan berbentuk PT lengkap dengan NIB, akta pendirian, SK Kemenkumham, dan legalitas lainnya.
Selain itu, untuk memastikan badan usaha ketenagalistrikan telah memenuhi regulasi perundang-undangan dan bisa menjalankan proyek tanpa hambatan.
Kami juga bisa membantu pengurusan SBUJPTL, Serkom/SKTTK, ISO, dan standar K3 yang di implementasikan untuk perusahaan baru.
Betapa mudah dan cepat, Anda tidak perlu lagi khawatir pendirian PT terhambat di tahapan tertentu. Sebagai konsultan kami akan menyelesaikan semua persoalan tersebut sampai bisnis Anda bisa beroperasi.
Berapa Biaya yang Perlu Di siapkan Supaya Terima Beres?
Biaya yang perlu di siapkan bervariasi, karena Anda memesan lebih dari satu layanan di tempat kami maka ada biaya berbeda yang kami tawarkan.
Kami asumsikan Anda ingin mendirikan PT dari awal dan melengkapi semua kebutuhan untuk sertifikasi, dan perizinan bidang jasa penunjang tenaga listrik.
Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal ini, silahkan hubungi admin melalui nomor kontak yang tersedia pada situs adhikari.co.id, konsultansi melalui Whatsapp. Dapatkan pelayanan terbaik bersama kami.