5 Asosiasi Kontraktor Terbaik, Cek Pilihan Anda!

5 Asosiasi Kontraktor Terbaik, Cek Pilihan Anda!

Sebelum mengurus SBU Konstruksi yang diterbitkan oleh LPJK Anda perlu bergabung dengan salah satu asosiasi kontraktor yang ada di Indonesia dan mengantongi KTA (Kartu Tanda Anggota) sebagai tanda bukti bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar secara sah.

Apa itu asosiasi kontraktor?

Asosiasi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perkumpulan para badan usaha yang mempunyai bidang yang sama yakni teknis konstruksi.

Ada banyak pilihan asosiasi kontraktor dan masing-masing mempunyai visi dan misi yang berbeda. Untuk mempermudah perusahaan maka perhatikan saja akreditasinya saja. Secara umum akreditasi yang bagus adalah A. Namun untuk bisa bergabung dengan asosiasi kontraktor terbaik maka pastikan Anda telah memenuhi persyaratan yang diminta.

Ingin Bergabung Dengan Asosiasi Jasa Konstruksi? Berikut 5 Pilihan Terbaiknya!

Untuk Anda yang sedang kebingungan dalam memilih asosiasi kontraktor terbaik maka kami bisa memberikan sejumlah rekomendasi. Ada setiaknya 5 perkumpulan jasa konstruksi berkualitas yang sudah teruji dan terpercaya. Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. AKI (Asosiasi Kontraktor Indonesia)

AKI merupakan kepanjangan dari Asosiasi Kontraktor Indonesia, perkumpulan ini dibentuk pada tanggal 2 Oktober 1971 melalui musyawarah para kontraktor di PT Pembangunan Jaya. AKI sudah terakreditasi A sehingga mampu menjadi wadah yang cukup bagus bagi para perusahaan pekerja konstruksi di Indonesia.

Berikut ini beberapa tujuan didirikannya AKI (Asosiasi Kontraktor Indonesia):

  1. Menumbuhkan iklim usaha jasa konstruksi yang kondusif
  2. Membina perkembangan dan kemajuan usaha Jasa Kontruksi Nasional Indonesia
  3. Meningkatkan tertib pembangunan
  4. Meningkatkan mutu dan kemampuan anggota sebagai pelaku jasa konstruksi
  5. Meningkatkan kemitraan sesama anggota

Kualitas kinerja AKI sudah terbukti contohnya pada proyek pembangunan jalan tol Bali yang dibangun di atas air dan menghubungkan beberapa wilayah sekaligus merupakan prestasi yang membuktikan bahwa badan usaha yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Indonesia mampu bersaing dalam dunia jasa konstruksi.

2. ASKONAS

Askonas merupakan kepanjangan dari Asosiasi Kontraktor Nasional. Perkumpulan kontraktor ini tersebar luas cabangnya ada di seluruh Indonesia termasuk kota-kota besar. Asosiasi kontraktor ini cukup besar anggotanya lebih dari 25 ribu dan masing-masing badan usaha mempunyai kemampuan yang berbeda di bidang konstruksi ada yang ahli di bidang pembangunan gedung, infrastruktur, dan masih banyak lagi.

Visi dan Misi Askonas antara lain sebagai berikut:

  1. Menghimpun perusahaan-perusahaan Nasional di bidang Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi di dalam satu wadah organisasi ASKONAS, demi membina dan mengembangkan kemampuan usaha anggota.
  2. Membina dan mengembangkan tertib hukum dan iklim usaha yang sehat.
  3. Mewujudkan rasa kesetiakawanan sesama anggota dan menjauhkan diri dari persaingan yang tidak sehat dalam menjalankan usahanya.
  4. Mewujudkan pelaksana konstruksi yang berkeahlian, berkemampuan, tanggap terhadap kemajuan dan bertanggungjawab dalam pengabdian usahanya baik nasional maupun global. 
  5. Mewujudkan struktur Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi Nasional yang kokoh dan andal menuju pembangunan ekonomi nasional yang sehat untuk kesejahteraan rakyat, persatuan dan kesatuan bangsa.
  6. Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga di bidang teknologi dan manajemen pembangunan, baik di dalam maupun di luar negeri.
  7. Memberi penyuluhan, bimbingan, bantuan dan melindungi serta memperjuangkan kepentingan anggota.
  8. Membina para anggotanya agar berkepribadian dan berbudi luhur dengan mentaati Kode Etik Panca Krida serta meningkatkan rasa tanggung jawab di dalam menjalankan profesinya.

3. GAPENSI

Gapensi merupakan kepanjangan dari Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Asosiasi ini mempunyai peran untuk menghimpun para kontraktor yang mempunyai tujuan yang sama.

Visi GAPENSI adalah membangun organisasi yang kuat, kokoh dan mandiri dalam konstruksi. Sedangkan misi GAPENSI yaitu mempersatukan perusahaan kontraktor di seluruh Indonesia, menciptakan persaingan sehat di antara anggotanya serta memberikan konstribusi bagi pembangunan di Indonesia. Setiap anggota dari Gapensi akan diverifikasi untuk memastikan keabsahan keanggotaan.

Sama seperti asosiasi lainnya melalui adanya asosiasi Gapensi ini diharapkan para pekerja kontraktor bisa lebih mudah dalam pengurusan SBU konstruksi.

4. GABPEKNAS

GABPEKNAS merupakan Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional. Asosiasi ini didirikan tahun 2001. Secara konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi anggota-anggotanya GABPEKNAS telah mempunyai lebih dari 19 rb anggota.

Adapun untuk visi dari asosiasi ini yaitu terciptanya usaha jasa konstruksi GABPEKNAS yang modern, profesional dan berkualitas untuk kesejahteraaan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sedangkan misinya adalah membangun kemandirian yang bersinergi pengusaha-pengusaha nasional di bidang usaha jasa konstruksi dalam satu iklim usaha yang menjunjung tinggi kode etik melalui peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan jaringan usaha.

Perkumpulan kontraktor GABPEKNAS memegang teguh kode etik yaitu:

1. Mentaati semua Perundang-undangan dan Peraturan yang berlaku dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkaitan dengan usaha jasa konstruksi.

2. Berperan aktif dalam proses pembangunan nasional yang berkelanjutan.

3. Menghormati dan bertanggung jawab terhadap kesepakatan kerja dengan pengguna jasa.

4. Melakukan persaingan yang sehat dan menjauhkan diri dari prektek-praktek tidak terpuji dalam melakukan kegiatan usaha jasa konstruksi.

5. Tidak menyalahgunakan kedudukan, wewenamg dan kepercayaan yang diterima dari pengguna jasa konstruksi serta mendahulukan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab dari pada haknya.

5. GAPEKSINDO

Terakhir adalah asosiasi GAPEKSINDO yang merupakan kepanjangan dari Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia. Memegang akreditasi A, asosiasi ini merupakan salah satu perkumpulan kontrakor yang banyak dipilih di Indonesia. GAPEKSINDO berdiri pada tahun 2002. Lebih kurang asosiasi ini mempunyai  lebih dari 20.000 badan usaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan tersebar di 450 kantor cabang di seluruh provinsi Indonesia.

gapeksindo

Tidak mengherankan banyak para kontraktor baru yang mencari jasa pengurusan SBU Gapeksindo. Perlu Anda ketahui asosiasi ini juga mempunyai visi Mewujudkan organisasi yang profesional dan mandiri sebagai wadah peranan pelaksana konstruksi dalam menjalankan pengabdiannya menuju pembangunan bangsa yang bermartabat.

Sedangkan untuk misinya yaitu menghimpun dan mengembangkan perusahaan nasional di bidang pelaksana jasa konstruksi untuk mewujudkan sebuah dunia usaha yang sehat serta mampu bersinergi terhadap sesama pelaksana jasa konstruksi.

Kesimpulan

Setiap asosiasi kontraktor di Indonesia pastinya mempunyai tujuan yang baik dan tentunya mempunyai harapan yang satu, yakni meningkatkan pembangunan di Indonesia secara merata dan mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap kemajuan negara.

Apapun asosiasi yang Anda pilih pastikan untuk mempertimbangkannya dengan baik. Selain itu perhatikan juga syarat pembuatan sbu lpjk atau sebagai alternatif gunakan layanan konsultan SBU konstruksi profesional dari Adhikari. Kami siap mengurus semua keperluan urus Sertifikat Badan Usaha.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?