Jasa Pembuatan SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja)

Jasa Pembuatan SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja)

SKA dan SKT konstruksi telah digantikan secara resmi dengan SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja). Dijadikan satu untuk memberikan efisiensi dan kemudahan dalam mengurus persyaratan yang diperlukan dalam pengerjaan suatu proyek.

Pernyataan ini tercantum dalam Surat Edaran No. 02/SE/M/2021 /SE/M/2020 Tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri PUPR No 30/SE/M/2020yang berisi Transisi Layanan Sertifikasi Badan Usaha & Sertifikasi Kompetensi Kerja Jasa Konstruksi.

Seperti yang kita ketahui sejak dulu pekerjaan profesional yang membutuhkan keahlian tinggi seperti konstruksi bangunan, rancangan jembatan, jalan, dan infrastruktur lainnya pasti memerlukan sebuah sertifikat yang bisa menjadi bukti bahwa SDM yang bertugas memang kompeten di bidangnya.

Bukan perkara sepele hal ini nyatanya menjadi langkah yang bijak guna memastikan kualitas project yang dikerjakan lebih maksimal dan aman.

Dimana Tempat Mengurus SKK?

Sejalan dengan tujuan pemerintah yang mulai menyederhanakan proses perizinan, pembuatan SKK konstruksi juga tidak perlu mendatangi kantor manapun. Anda bisa melakukannya secara online melalui situs perizinan.pu.go.id secara mandiri atau menggunakan jasa pengurusan SKK.

Mana yang lebih baik?

Keduanya sama-sama baik, hal yang perlu diperhatikan adalah kemudahan dan kenyamanan Anda dalam melakukan pengurusannya. Apabila pengurusan dilakukan secara mandiri, maka pastikan Anda sudah membaca secara lengkap panduan resmi dari situs website PUPR.

Tentunya proses ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, Anda perlu  teliti dalam memperhatikan panduan yang tersedia. Kesalahan input data dan informasi berisiko pada terhambatnya penerbitan SKK.

Terutama untuk dokumen persyartannya, cek lagi semuanya lengkap dan sesuai dengan apa yang tertampil pada portal perizinan.

Namun, sebagai alternatif jika sekiranya Anda tidak sempat mengurusnya sendiri maka bisa diwakilkan dengan menggunakan jasa pembuatan SKK yang profesional.

Hal seperti ini diperbolehkan, asalkan Anda bisa menilai dengan baik kredibilitas dari penyedia layanannya. Mintalah rekomendasi rekan atau baca-baca informasi secara lebih lengkap mengenai masing-masing konsultan yang mengurusi pembuatan Sertifikat Kompetensi Kerja untuk bidang konstruksi.

Utamakan memilih biro jasa yang berpengalaman dan mengikuti dengan baik alur pengurusan sertifikasi dari tahun ke tahun.

Kualifikasi dan Jenjang SKK

Ada perubahan yang cukup signifikan pada Sertifikat Kompetensi Kerja di bidang konstruksi. Hal ini terlihat dari adanya penggolongan jenjang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini informasi mengenai jenjang pada SKK sesuai dalam Undang-Undang yang berlaku

OperatorTeknisi / AnalisTenaga Ahli
Jenjang 1Jenjang 4Jenjang 7
Jenjang 2Jenjang 5Jenjang 8
Jenjang 3Jenjang 6Jenjang 9

Operator: merupakan tenaga ahli yang bertugas untuk mengerjakan pekerjaan yang bersifat standar. Anda biasa menyebutnya sebagai tukang, lingkup pekerjaan mereka tergantung sepenuhnya pada bidang konstruksi serta disesuaikan dengan level atau tingkatannya. Sebagai contoh, pada bangunan gedung terdapat tukang pasang baja ringan, tenaga ahli cat bangunan.

Teknis/Analis: Berada di tingkat yang lebih tinggi, pekerjaan teknis atau analis mempunyai tanggung jawab yang lebih berat. Secara umum lingkup pekerjaan mereka lebih condung pada skill dan juga leadership.

Dengan menggunakan lingkup bidang yang sama, pada konstruksi gedung tenaga ahli yang tergolong dalam teknisi/analis adalah juru gambar bangunan, pengawas pekerjaan struktu bangunan, dan manajer lapangan pelaksanaan gedung.

Ahli: Menurut penggolongan kualifikasi SKK, tingkatan Ahli merupakan pekerjaan dengan yang paling berat. Sedikit kesalahan bisa berakibat fatal terhadap pengerjaan suatu proyek.

Tenaga kerja ahli ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti Ahli Madya dan Ahli Muda.Contoh profesi yang termasuk dalam kualifikasi ahli antara lain seperti: Manajer pengelolaan bangunan gedung, rekayasa konstruksi bangunan, dan sebagainya.

Jasa Pembuatan SKK Diproses Cepat dan Terjamin

Apabila Anda mempunyai keperluan untuk mengurus Sertifikat Kompetensi Kerja dalam waktu dekat, maka sebagai alternatif pembuatannya bisa meminta konsultan yang profesional untuk memproses semuanya dari awal.

Salah satu layanan yang bisa diandalkan adalah Adhikari.co.id, perusahaan yang menyediakan jasa pengurusan SKK secara resmi dilakukan langsung secara online melalui situs Perizinan PUPR.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah menyiapkan persyaratan dalam mengajukan permohonan SKK. Berikut beberapa dokumen yang dibutuhkan:

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  3. Ijazah terakhir S1 (Jurusan Teknik)
  4. Pas foto
  5. Daftar riwayat hidup
  6. Nomor telepon yang aktif
  7. Surat rekomendasi dari perusahaan
  8. Mengisi form penilaian mandiri

Apabila ada persyaratan lainnya yang dibutuhkan, nanti konsultan akan mengabarinya melalui Whatsapp atau email. Sebagai catatan penting dokumen SKK ini berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang apabila masih terus digunakan.

Sebagai biro jasa pembuatan SKK konstruksi, kami siap memberikan pelayanan terbaik yang bisa memudahkan Anda. Dapatkan konsultasi tanpa dipungut biaya dengan menghubungi kami hari ini, pastikan tenaga kerja pelaksanaan proyek sudah memenuhi kualifikasi untuk mewujudkan pengerjaan proyek yang lebih baik lagi. Selain SKK, kami juga melayani jasa konsultan SBU konstruksi siap melengkapi kebutuhan sertifikasi perusahaan Anda.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?