Jangan Pusing, Begini Cara Mudah Menentukan Kode KBLI 2020

Jangan Pusing, Begini Cara Mudah Menentukan Kode KBLI 2020

Kode KBLI 2017 sudah tidak berlaku, waktunya bagi para pemilik bisnis untuk mempelajari cara menentukan kode KBLI 2020 (versi terbaru yang berlaku saat ini). 

Hal yang baru memang tidak bisa dipahami secara instan, butuh pendalaman dulu supaya bisa menggolongkan usaha dengan tepat sehingga tidak terjadi kesalahan input saat mengisi data pendirian usaha sistem di OSS RBA.

Namun tidak perlu khawatir, kami akan membantu Anda untuk menjelaskan hal apa saja yang perlu diperhatikan serta panduan mengenai cara menentukan kode KBLI 2020 secara tepat dan mudah. Mari kita simak dulu informasi ini secara lengkap, supaya tidak terjadi gagal paham.

Hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Menentukan Kode KBLI 2020

Pihak yang menyusun KBLI adalah BPS dengan berpedoman pada International Standard Industrial Classification of All Economic Activites (ISIC) versi revisi 4 yang dibuat oleh United Nation of Statistical Division (UNSD).

Ada sekitar 1.790 kode KBLI yang saat ini berlaku di versi 2020, jumlahnya ketegori utamanya ada 21 (A-U).

Beberapa orang menganggap klasifikasi usaha yang sekarang semakin rumit, namun disisi lain ada yang menyebut hal ini memudahkan karena lebih spesifik daripada versi KBLI 2017.

Ya, tadinya hanya ada 4 digit angka sekarang bertambah menjadi 5 menyesuaikan kondisi perekonomian Indonesia yang cukup kompleks. Bagaimana penjelasannya?

  • Ketegori menggunakan huruf alpabet A sampai U
  • Dua digit KBLI yang pertama menunjukan golongan pokok bidang usaha
  • KBLI 3 digit menunjukan golongan agak spesifik
  • KBLI 4 digit menunjukan opsi kegiatan usaha secara lengkap
  • KBLI 5 digit menjelaskan secara lebih rinci beserta uraiannya

Lebih mudah kalau langsung Anda simak langsung penerapannya pada salah satu bidang industri. Berikut ini kami berikan contohnya:

  • Ketegori: C (Industri Pengolahan)
  • Golongan pokok: 13 (Industri tekstil)
  • Golongan: Industri permintaan, pertenunan, dan penyempurnaan tekstil (131)
  • Sub golongan: Angka 1312 menunjukan industri pertenunan tekstil
  • Kelompok spesifik: Industri kain tenun ikat (13122)

Sudah ada gambaran dalam penentuan KBLI 2020? Anda bisa mengetahui penjelasan lebih lengkap mengenai definisi masing-masing usaha pada situs oss.go.id, nanti akan kami beritahukan caranya.

Bagaimana Cara Mengetahui KBLI 2020 Tanpa Hafal Kodenya?

Karena jumlah kodenya yang sampai ribuan, tidak sedikit pelaku usaha yang pusing memikirkan bagaimana langkah penentuannya supaya praktis dan cepat.

Kami akan menggunakan fitur bawaan dari oss.go.id, masih banyak yang belum mengetahui padahal langkahnya cukup mudah dan praktis, berikut ini panduannya.

  1. Pastikan koneksi internet kencang, lanjut kunjungi situs website resmi oss.go.id. Pengecekan KBLI ini bisa dilakukan melalui ponsel atau laptop

2. Kemudian, arahkan kursor Anda pada bagian “Informasi” -> lalu muncul sejumlah pilihan. Silahkan klik bagian yang paling atas bertuliskan “Klasifikasi Besar Lapangan Usaha Indonesia (KBLI 2020)

3. Setelah masuk di bagian pemilihan kode KBLI, klik gambar kaca pembesar di sebelah kanan layar

4. Selanjutnya akan muncul pop up pencarian KBLI, silahkan masukkan kata kunci usaha tidak perlu hafal kode minimal kalian tahu satu kata yang relevan, misal punya usaha tenun maka ketik saja “tenun” di kolom pencarian tersebut

5. Setelah itu, akan muncul secara cepat KBLI yang sekiranya relevan dengan kata yang Anda masukkan. Bagian yang dikotak biru merupakan KBLI yang relevan memuat kata “tenun” sesuai yang Anda input

6. Terakhir, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan untuk menentukan KBLI 2020 yang sesuai dengan bisnis Anda, input data pada sistem OSS RBA untk pendirian usaha atau pembuatan NIB.

Jika sudah ketemu KBLI yang relevan, simpan kode-nya lalu pelajari lebih lengkap penjelasan mengenai penjelasan usaha tersebut. Di oss.go.id sudah mencantumkan deskripsi singkat yang cukup membantu mempermudah masyarakat dalam menentukan lingkup usahanya.

Jasa Pengurusan Izin Usaha Sekaligus Penentuan KBLI 2020 Terbaru

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai informasi cara menentukan KBLI semoga bisa bermanfaat. Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk mendirikan usaha maka bisa menggunakan layanan dari Adhikari.co.id tanpa masalah.

Kami menyediakan jasa pendirian PT Perorangan, CV, dan Perseroan Terbatas umum. Pengurusan tepat, cepat, tanpa pusing memikirkan kode KBLI, kami akan bantu Anda menentukan usaha yang sesuai.

Selain pendirian usaha, kami juga melayani jasa pembuatan NIB untuk informasi lebih lengkap langsung konfirmasi ke admin ya.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?