Setiap pelaku usaha membutuhkan identitas resmi yang menjadi pembuktian bahwa usaha yang di jalankannya sudah terdaftar. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah akrab dengan penyebutan TDP (Tanda Daftar Usaha) ini adalah KTP-nya pelaku usaha yang bergerak di berbagai bidang baik itu penjualan produk ataupun penyediaan jasa. TDP berisi informasi yang berikatan dengan Jenis perushaan, alamat perusahaan, bidang usaha yang di jalankan, hingga kontak dan masa berlaku izin tersebut.
Namun sejak berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja sekarang TDP sudah tidak berlaku lagi. Tepat saat Anda membaca artikel ini sudah ada legalitas penggantinya yakni NIB (Nomor Induk Berusaha).
Apa Itu NIB?
NIB adalah dokumen perizinan yang mempunyai kedudukan setara dengan TDP, tidak hanya itu bahkan melalui pengesahan NIB terjadi perubahan yang sangat siginifikan terhadap sistem pengurusan izin. Ketetapan mengenai NIB diatur dalam Perpres RI No. 91 Tahun 2017 merupakan salah satu syarat wajib bagi pelaku usaha baik perorangan maupun badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha , investasi dan perizinan lainnya. NIB mempunyai 13 digit angka yang di tetapkan secara khusus oleh pemerintah.
Semua pelaku usaha yang mempunyai wajib tunduk dan patuh terhadap regulasi yang ada. Apabila di temukan penyimpangan-penyimpangan maka pemerintah berhak memberikan peringatan hingga pencabutan izin usaha. Penyederhanaan urus izin mulai lebih terlihat pada saat pemerintah menerbitkan platform OSS RBA(Online Single Submission- Risk Based Approach). Ini merupakan sebuah istilah yang bisa di artikan sebagai pengurusan izin berbasis risiko.
Apa itu risiko usaha?
Singkatnya tingkat risiko ini bisa di lihat dari modal pelaku usaha saat mendirikan bisnis tersebut. Sebagai contoh apabila Anda mendirikan perusahaan CV dengan modal 1 miliar bahkan lebih maka tergolong risikonya tinggi. Sebagai pengingat jenis usaha yang risikonya tinggi membutuhkan dokumen yang lebih lengkap.
Apabila izin usaha ringan membutuhkan NIB saja untuk berdiri sebagai perusahaan yang legal, namun untuk usaha menengah tinggi dan risiko tinggi membutuhkan NIB, izin usaha sesuai dengan daerah setempat, hingga SS (Sertifikat Standar).
Jasa Pembuatan NIB Biaya Termurah
Apakah Anda ingin mendapatkan kemudahan dalam urus Nomor Induk Berusaha? Silahkan gunakan jasa pembuatan NIB biaya murah dari konsultan Adhikari. Kami adalah perusahaan pengurusan izin yang telah berpengalaman sejak 2012, kami konsisten mengurus dokumen-dokumen yang Anda butuhkan. Tidak perlu di buat pusing Anda sekarang bisa mendapatkan perizinan yang lengkap dengan menyewa layanan konsultan.
Namun, apakah metode seperti ini di perbolehkan?
Tentu saja boleh, konsultan Adhikari telah memenuhi persyaratan dan ketentuan. Perusahaan kami juga sudah menyesuaikan dengan KBLI terbaru. Jadi Anda tidak perlu khawatir apapun kebutuhan izin usaha yang di butuhkan kami siap mengurusnya dengan segera.
Untuk pembuatan NIB murah kami hanya perlu membayar tarif jasa mulai dari 1 juta sebagai estimasinya. Untuk informasi penetapan biaya terbaru silahkan untuk menghubungi kami.
Masalah OSS Lainnya yang Bisa Kami Selesaikan
Sudah pernah mencoba mengurus perizinan NIB sendiri namun tetap gagal? Kami juga bisa membantu untuk memberikan layanan lainnya seperti:
- Jasa Tambah KBLI NIB OSS (Penambahan KBLI di dalam NIB OSS)
- Jasa Mengganti Email Username (Untuk peruabahan alamat email login OSS)
- Jasa Mengubah Penanggung Jawab Perusahaan (Merubah Penanggung jawab perusahaan ke user lain)
- Jasa Hapus KBLI NIB OSS (Penghapusan KBLI di NIB & Izin Usaha)
- Jasa Mengefektifkan Izin Usaha NIB OSS (Pengefektifan izin usaha)
- Jasa Lupa Akun OSS (Reset Username Dan Password OSS)
- Jasa Pemenuhan Komitmen Izin Usaha OSS
Sebagai konsultan OSS, Adhikari berupaya untuk terus memberikan layanan terbaik kepada Anda. Untuk Anda yang berperan sebagai produsen bisa juga menggunakan jasa pengurusan sertifikat SNI untuk memastikan produk Anda semakin di percaya oleh masyarakat.
Manfaat Mengurus NIB Untuk Bisnis Anda
Dengan mengantongi NIB Anda bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Anda tidak perlu lagi mengurus TDP, SIUP, API, dan dokumen lainnya secara terpisah. Semuanya sudah di gabung menjadi satu dalam NIB sehingga lebih praktis dan mudah. Dengan mengurus Nomor Induk Berusaha maka Anda bisa mendapatkan dokumen berikut:
- BPJS Kesehatan
- BPJS Ketenagakerjaan
- Izin Usaha
- Izin lokasi
- Sertifikat Standar (SS)
- Angka Pengenal Impor – API
- Nomor Induk Kepabeanan – NIK
- Notifikasi Perizinan,dan lain sebagainya
Mengapa Memilih Adhikari Untuk Urus NIB?
Karena Adhikari sudah terpercaya. Kami berkomitmen kuat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan. Harga yang kami berikan juga sangat terjangkau, sehingga mampu memberikan solusi bagi para UMKM, pelaku bisnis perorangan, hingga perusahaan besar seperti CV dan PT.
Selain itu kami juga memberikan beberapa keuntungan lainnya seperti:
- Konsultasi gratis tanpa syarat
- Konsultan ramah dan sopan
- Sudah profesional dan ahli
- Pengurusan NIB cepat selesai dalam 1-3 hari
- Dan masih banyak lagi
Selain mengurus NIB, kami juga melayani jasa pendirian CV Bogor untuk semua bidang usaha termasuk kontraktor, jual beli produk, bisnis konveksi, dan lain sebagainya. Dapatkan penawaran terbaik dari kami dan mudahkan pengurusan izin usaha mulai detik ini juga!