Ingin Mengurus SBUJPTL di Banten? Konsultan Adhikari Solusinya

SBUJPTL (Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik) semakin banyak diperlukan oleh perusahaan ketenagalistrikan.

Sejak diberlakukannya Undang-Undang No.11 Tahun 2020 Cipta Kerja, setiap badan usaha ketenagalistrikan wajib memenuhi regulasi standar keselamatan operasi, salah satunya adalah SBUJPTL.

Sebagai wilayah yang terus berkembang Provinsi Banten menjadi salah satu daerah dengan perusahaan kelistrikan yang cukup banyak. Klasifikasinya juga bervariasi ada yang bergerak di bidang instalasi, konsultansi, pemeriksaan, dan lain-lain.

Lantas seberapa penting SBUJPTL untuk menjamin kelancaran profesi tersebut? Berikut kami sudah siapkan penjelasan umum sebagai pembuka.

Mengapa Perlu SBUJPTL?

Alasan utama kenapa perusahaan jasa penunjang tenaga listrik wajib memiliki SBUJPTL yaitu berkaitan dengan profesionalisme dan pemenuhan kriteria.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa profesi tersebut memang dilakukan oleh ahlinya, mematuhi standar keselamatan mencegah dampak buruk yang tidak diinginkan bagi lingkungan sekitar termasuk masyarakat dan lingkungan.

Oleh karena itu, menurut peraturan yang berlaku perusahaan jasa penunjang tenaga listrik harus memenuhi kriteria berikut:

  • Mematuhi ketentuan K2 (Keselamatan Ketenagalistrikan)
  • Memiliki peralatan dan pemanfaat tenaga listrik dengan SNI
  • Tenaga profesional sudah memperoleh SKTTK (Sertifikat Kompetensi)
  • Memiliki Sertifikat Badan Usaha
  • Instalasi tenaga listrik yang beroperasi sudah memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO)
  • Memenuhi ketentuan dan peraturan lingkungan hidup

Pemerintah mulai memperketat aturan untuk menjamin keselamatan dan kepatuhan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Kondisi perizinan yang dulunya menerapkan metode license based approach menjadi risk based approach alias berbasis risiko.

Tentu cukup merugikan apabila badan usaha masih belum mengikuti ketentuan perizinan terbaru. Anda dan tim bisa saja menghadapi kendala di bagian operasional karena izin atau persyaratan utama untuk menjalankan proyek belum terpenuhi.

Jasa Pengurusan SBUJPTL Banten

Apakah Anda mengalami kendala dengan pengurusan izin SBUJPTL? Selain melakukan pengurusannya sendiri, Anda juga bisa menggunakan metode yang lebih praktis yaitu menggunakan jasa profesional.

PT Adhikari Kreasi Mandiri menyediakan jasa pengurusan, proses, dan pembuatan SBUJPTL di Banten. Ya, kami akan menggantikan Anda untuk mengurus berbagai persyaratan dan ketentuan sertifikat tersebut.

Anda hanya perlu menunggu sampai SBU terbit dan sudah siap untuk digunakan. Pengurusan SBUJPTL membutuhkan waktu 15-30 hari kerja.

Meskipun begitu, sertifikat ini mempunyai masa pakai yang cukup panjang yaitu 5 tahun dan dapat diperpanjang dengan masa berlaku yang sama.

Konsultan Adhikari bisa membantu Anda untuk permohonan SBUJPTL baru maupun perpanjangan, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Pengurusan SBUJPTL dengan Kualifikasi Menurut Kemampuan Usaha

Mengurus SBUJPTL harus disesuaikan dengan kemampuan usaha. Menurut Pasal 43 Ayat (2) kemampuan usaha ditentukan berdasarkan kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan.

Kualifikasi inilah yang nantinya akan menentukan kemampuan melaksanakan pekerjaan secara bersamaan dan batas nilai satu pekerjaan

Menurut penggolongannya kualifikasi dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu:

  • SBU Kecil
  • SBU Menengah
  • SBU Besar

Berapa nilai kekayaan untuk kategori SBU kecil hingga besar? Berikut kami cantumkan tabel untuk mempermudah Anda dalam memahaminya.

KualifikasiNilai Kekayaan BersihBatas Nilai Satu PekerjaanPenangggung Jawab Teknik / Subbidang UsahaTenaga Teknik / Subbidang Usaha
KECIL50 Juta sd 500 Juta Maks 2.5 MilyarMin. 1 (satu) orang kompetensi min level 3Min. 2 (dua) orang kompetensi min level 2
MENENGAH>500 Juta sd 10 MilyarMaks 50 Milyar Min. 1 (satu) orang kompetensi min level 3Min. 3 (tiga) orang kompetensi min level 2
BESAR>10 MilyarTak terbatas Min. 1 (satu) orang kompetensi min level 3Min. 5 (lima) orang kompetensi min level 2

Tentu, akan lebih mudah untuk menghitung estimasi nilai kekayaan bersih dengan melihat pada laporan keuangan perusahaan. Anda bisa menggunakan jasa laporan keuangan untuk melakukan hal tersebut, atau menggunakan bantuan admin internal.

Penentuan kualifikasi ini tidak boleh salah, karena nantinya berpengaruh juga terhadap aspek lain seperti ketentuan pembebanan denda dan nilai batas proyek.

Solusi dan Kemudahan Bersama Konsultan SBUJPTL Banten Profesional

Kami paham dengan kesibukan dan masalah yang sedang Anda hadapi. Mengurus SBUJPTL untuk pertama kali memang sulit, jika Anda tidak percaya diri melakukannya maka jasa pengurusan SBUJPTL Banten dari Adhikari bisa menjadi solusinya.

Dengan menggunakan layanan kami, maka Anda akan memperoleh:

  • Konsultasi gratis bersama ahlinya
  • Dokumen SBUJPTL dalam bentuk digital dan fisik
  • Jaminan garansi SBUJPTL yang diperoleh adalah asli dan dapat digunakan sebagaimana mestinya
  • Proses pengurusan yang lebih cepat
  • Dibantu ketika ada kendala dengan persyaratan atau hal teknis lainnya
  • Biaya pengurusan yang lebih kompetitif

Untuk info lebih lengkap mengenai jasa pengurusan SBUJPTL di Banten silahkan hubungi kontak yang tersedia. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *