Pengurusan SIUJK Melalui OSS yang Terbaru

Pengurusan SIUJK Melalui OSS yang Terbaru

Sebagai kontraktor yang bekerja di bidang pembuatan bangunan, pasti banyak di antara Anda yang ingin melakukan pengurusan SIUJK melalui OSS. Namun, karena saat ini proses pengurusan izin sudah terintergrasi menggunakan sistem yang terpusat, setidaknya Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu Sertifikat Izin Usaha Jasa Konstruksi, dan bagaimana proses pengurusan terbarunya.

Ya, dengan demikian Anda tidak akan salah mengurus perizinan, karena dari awal sudah memahami segala sesuatu menyangkut sertifikasi tersebut dan memahami kegunaannya dalam penerapan pelaksanaan konstruksi. Tidak masalah, jika sebelumnya Anda belum memahami aturan dan kebijakan ini, Anda bisa menyimak informasi di bawah yang sudah Kami rangkum sedemikian rupa untuk memudahkan para kontraktor yang ingin mengurus SIUJK.

Apa Itu SIUJK?

Sertifikat Izin Usaha Jasa Konstruksi adalah sebuah perizinan yang di terbitkan oleh pemerintah untuk bisa menilai apakah suatu kontraktor bangunan sudah memenuhi kriteria sebagai pelaksana proyek profesional atau belum. Masa berlaku SIUJK ini lebih kurang 3 tahun. Apabila sudah habis masa berlakunya maka pihak kontraktor wajib memperpanjang jika memang nantinya akan di perlukan kembali.

Jika melihat secara tampilan fisik, sertifikat ini terdiri dari satu lembar kertas yang di buat khusus. Informasi yang tercantum memang bersifat sangat sensitif, ada data-data terkait nama lembaga, bahkan data kekayaan bersih juga tercantum di dalam sertifikat tersebut. Tidak heran, jika Anda menemukan gambar dalam bentuk digital pasti akan di blur untuk memastikan privasi tetap terjaga.

Proses pengurusan sertifikat ini bisa di lakukan melalui sistem OSS yang sudah di terbitkan oleh pemerintah Indonesia.

Persyaratan dan Dokumen Pengurusan SIUJK Melalui OSS

Karena ini adalah sertifikat, pasti ada syarat dan dokumen lainnya yang harus di penuhi untuk memastikan proses pembuatan sertifikatnya berlangsung dengan lancar. Secara umum syarat pengurusan sertifikat yang satu ini terkadang berubah karena kebijakan yang baru. Paling tidak Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen berikut.

  1. Fotokopi akta atas bangunan perusahaan dari notaris
  2. FC KTP dan juga NPWP dari direktur
  3. Fotokopi NPWP badan hukum
  4. Lampiran Surat TDP fotokopi
  5. Lampiran surat SIUP fotokopi
  6. KTA Asosiasi Perusahaan Konstruksi berlaku
  7. Bukti Kepemilikan Tanah
  8. Fotocopy surat SKDP
  9. Sertifikat Badan Usaha atau SBU
  10. SKA ahli berkualifikasi
  11. Foto kantor perusahaan dari berbagai sudut pandang

Sepertinya dokumen di atas cukup banyak, untuk Anda yang baru pertama kali hendak melakukan pengurusan sbu konstruksi 2022 pasti sempat bingung dan tidak tahu harus mulai darimana terlebih dahulu. Kami memahami hal tersebut. Meskipun saat ini sistemnya memang sudah lebih canggih, namun bukan berarti semua orang akan merasakan kemudahan yang sama.

Untuk orang yang tidak begitu memahami perkemabangan teknologi atau memang merasa ragu takut terjadi kesalahan pada saat mengurus perizinan sendiri, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa profesional saja. Nah, di Indonesia sendiri saat ini ada banyak layanan pembuatan sertifikat SIUJK yang siap menawarkan kemudahan kepada Anda.

Tapi seblum itu, mari kita pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari layanan pengurusan SIUK melalui OSS, dan mencari jawaban apakah metode benar-benar memberikan kemudahan sesuai apa yang Anda harapkan.

Cara Kerja Jasa Profesional Untuk Pengurusan SIUJK

Cukup umum dan simpel, nantinya Anda perlu mengirimkan beberapa persyaratan dalam bentuk dokumen digital (biasanya pdf). Nantinya, data tersebut yang akan di jadikan informasi untuk mendaftarkan perusahaan atau kontraktor tersebut pada sistem OSS untuk mengajukan sertifikat SIUJK.

Semudah itu?

Ya, bisa dikatakan demikian, namun hal yang perlu di pahami adalah tingkat kesulitan akan di mulai ketika sudah login dashboard OSS, disana ada sejumlah data yang harus di input, tidak boleh ada kesalahan semuanya harus di lakukan secara teliti dan memahami maksud dari penjelasan yang di tampilkan.

Untuk SIUJK yang masih banyak membuat orang-orang kebingungan adalah mengenai kualifikasi pengerjaan proyek. Ada beberapa penggolongan seperti:

  1. K1, K2, K3
  2. M1, M2
  3. B1, B2

Masing-masing pelaksana proyek perlu mengetahui hal ini, agar nantinya pada saat mengurus SIUJK tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Jasa Pengurusan SIUJK OSS?

Untuk Anda yang saat ini sedang bingung mencari layanan pengurusan Sertifikat Izin Usaha Jasa Konstruksi, namun belum menemukan layanan yang tepat. Maka bisa menghubungi Adhikari.co.id sebagai solusinya. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang perizianan yang sudah berpengalaman selama lebih dari 8 tahun di Indonesia.

Secara konsisten menyediakan jasa pengurusan SIUJK Online dengan menggunakan sistem resmi pemerintah yakni OSS. Anda tidak perlu khawatir, Kami siap membantu pembuatan sertifikat yang Anda butuhkan. Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai harga jasa, dan informasi lainnya mengenai prosedur penggunaan layanan. Tersedia konsultasi gratis, bebas tanya-tanya bersama konsultan Adhikari.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?