Pengurusan PT Perorangan Bogor dan Depok Profesional

Pengurusan PT Perorangan Bogor dan Depok Profesional

Perusahaan PT Perorangan mulai banyak dijadikan pilihan bagi pelaku usaha yang ingin melegalkan bisnisnya. Beberapa kota yang cukup antusias dengan diterbitkannya perizinan PT 1 orang ini adalah Bogor dan Depok wilayah metropolitan dimana persaingan bisnis tergolong ketat.

Melihat data dari Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Bogor setidaknya per 2021 september ada sekitar 45 ribu pelaku UMKM. Sedangkan untuk Kota Depok setidaknya terdapat 42 ribu pemilik usaha mikro dan kecil. Tentunya jumlah ini terbilang cukup besar, namun sayangnya sebagian pelaku usaha masih ada yang belum melengkapi legalitas mereka.

Seperti yang kita tahu di Indonesia, perizinan menjadi bagian tak terpisahkan dari kemajuan bisnis. Sehingga apabila izin usaha tidak diurus dikhawatirkan ini akan berdampak pada perkembangan bisnis kedepannya.

Presiden Joko Widodo memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis kecil dan mikro, dengan adanya PT Perorangan sekarang siapa saja bisa mempunyai usaha yang legal bahkan termasuk usaha produksi rumahan sekalipun.

Bagaimana Prosedur Mendirikan PT Perorangan?

Pengurusan PT Perorangan di Bogor atau Depok bisa dilakukan dengan dua cara, pertama Anda bisa mengurusnya secara mandiri dan melengkapi segala persyaratannya di laman resmi OSS atau alternatifnya menggunakan jasa pengurusan PT Perorangan. Sebagai wawasan bagi pembaca kami akan jelaskan cara yang pertama terlebih dahulu, berikut panduannya.

1. Menentukan Nama PT

Bagian pertama yang harus terpenuhi saat melakukan pengurusan PT Perorangan Bogor atau Depok adalah mengetahui nama Perseroan yang akan digunakan.  Sebagian besar pelaku usaha akan menggunakan nama PT sebagai branding jadi perhatikan dengan baik nama dan singkatan yang Anda pilih. Pengecekan nama perusahaan bisa dilakukan pada laman resmi AHU cek nama PT

Adapun salah satu contoh nama perseroan : PT Cahaya Mutu Prima

Kenapa ini penting?

Alasannya karena para pebisnis muda seringkali sembarang pilih nama PT, padahal menurut peraturan yang berlaku ada serangkaian ketentuan dalam menentukan nama persero, berikut ini beberapa diantaranya.

  • Harus menggunakan bahasa indonesia
  • Belum digunakan oleh perusahaan dan institusi
  • Dilarang menggunakan kata-kata vulgar
  • Tidak boleh menggunakan angka dan karakter
  • Hanya boleh menggunakan alfabet, roman dan latin
  • Adanya relevansi dengan nama PT yang dipilih

2. Tentukan Besaran Modal

Persiapkan modal untuk mendirikan usaha Anda, menurut ketetapannya PT Perorangan maksimal modal yang disiapkan adalah di bawah 1Milyar (PT Perorangan Mikro). Sedangkan untuk PT Perorangan Kecil ketentuan modal dasarnya adalah di bawah 5 milyar.

Sumber desabisa.com: contoh usaha UMKM dan UKM

Jadi, apabila Anda mempunyai modal lebih dari nominal tersebut maka silahkan untuk mengurus PT biasa karena sudah tergolong bukan usaha perorangan. Bisa dipahami jadi modal dari PT Perorangan itu bisa 50 juta, 100 juta, dan seterusnya.

3. Siapkan Berkas Persyaratan

Siapkan dokumen yang dipersyaratkan oleh sistem OSS RBA untuk mendirikan PT Perorangan bagi bisnis Anda. Berikut sejumlah dokumen yang harus disiapkan:

1. KTP

2. NPWP

3. Menentukan nama

4. Menentukan bidang bisnis (Mengacu pada KBLI 2020)

5. Mengisi alamat domisili

6. Mengisi form Pengurusan PT Perorangan

Berkas di atas ada yang di scan lalu diunggah ada juga yang diisi langsung pada portal OSS. Pastikan persyaratan Anda lengkap supaya pengurusan bisa berjalan dengan lancar.

4. Mengajukan Permohonan Pendirian

Proses pengurusan PT Perorangan Bogor dan Depok dilakukan secara full online dalam sistem OSS, pastikan Anda membuat akun OSS lalu menyimpan password. Lakukan login dan isi ketentuan yang dipersyaratkan dalam sistem tersebut. Permohonan akan disetujui dalam waktu yang bervariasi, estimasinya 1-3 hari kerja. SK Kementerian akan keluar 2 hari setelah pengajuan.

Namun bagian yang perlu diperhatikan pengurusan izin PT Perorangan tidak selalunya berjalan mulus tanpa kendala, berikut ini beberapa masalah yang bisa saja Anda hadapi saat mengurus perizinan secara mandiri.

Baca juga: PT Perorangan Bisa Ikut Tender? Sulit Ini Alasannya!

  • Terjadi kegagalan saat validasi risiko menyesuaikan KBLI
  • Error pada saat melakukan pengisian PKKPR (Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang)
  • Ada kesalahan dalam pengisian data formulir
  • Kurangnya persyaratan
  • Ketidaksesuaian KBLI dengan usaha/bisnis

Solusi Mudah Mendirikan PT Perorangan Di Bogor dan Depok

Seperti yang bisa Anda pahami berbagai kendala bisa saja muncul jika mengurus izin secara mandiri, sebagai jalan keluarnya Anda bisa menggunakan jasa pengurusan PT Perorangan Bogor menggunakan bantuan konsultan Adhikari.

Layanan yang mudah, cepat, dan biaya terjangkau untuk menyelesaikan berbagai permasalahan legalitas Anda. Meskipun kantor kami berlokasi di Jakarta, namun kami siap mengurus pendirian usaha Perorangan untuk usaha mikro dan kecil di wilayah Jabodetabek Segera hubungi admin untuk mendapatkan kemudahan, siap menjamin izin usaha diurus sampai tuntas!

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?