Apakah PT Perorangan Bisa Ikut Tender? Sulit, Ini Alasannya!

Apakah PT Perorangan Bisa Ikut Tender? Sulit, Ini Alasannya!

PT Perorangan bisa ikut tender, pernyataan ini agak kompleks karena pada dasarnya memang memungkinkan namun dalam implementasi aslinya sangat sulit. Untuk memahami lebih jauh mengenai hal ini, Menurut PP No.12 Tahun 2021 definisi dari tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan penyedia barang atau pekerja konstruksi atau jasa lainnya.

Persaingan sangat ketat perusahaan besar saling bersaing menujukan value mereka, sertifikasi, portofolio proyek dan lain sebagainya. Sampai detik ini proyek tender umumnya diikuti oleh minimal perusahaan berbentuk CV lebih banyak PT besar.

Lantas bagaimana dengan PT Perorangan? Apakah bentuk bisnis ini memang ditujukan untuk tender juga?

Alasan Kenapa Sulit Ikut Tender Dengan PT Perorangan

PT perorangan adalah bentuk bisnis yang lebih ditujukan untuk perusahaan mikro dan kecil. Penjabaran lebih lanjut mengenai kedua hal ini dicantumkan dalam UU UMKM usaha mikro mempunyai omzet maksimal Rp 300 juta saja, sedangkan usaha kecil berada di kisaran Rp 300 juta – Rp 2,5 miliyar.

Itu nilai maksimal sedangkan proyek tender biasanya nilai pendapatannya lebih daripada itu nilainya diatas Rp 2.5 miliyar bahkan menyentuh angka triliun. Didominasi oleh proyek konstruksi, bisa dikatakan adanya PT Perorangan memang tidak ditujukan untuk keperluan tender.

Alasan lainnya yang membuat PT Perorangan kewalahan dengan proyek tender adalah keperluan untuk melengkapi berkas dan ketersediaan modal yang cenderung terlalu minim.

Kekurangan Lainnya Dari PT Perorangan yang Perlu Dipahami

Selain sulit untuk tender dan lebih dikhususkan untuk usaha mikro, ada beberapa hal lainnya yang penting untuk diingat oleh pelaku usaha yang akan mengurus perizinan PT Perseorangan.

1. Ada Risiko Menanggung Kerugian Dengan Harta Pribadi

Setiap perusahaan mempunyai risikonya sendiri-sendiri, di dalam PT biasa antara pengelolaan kekayaan perusahaan dan milik pendiri terpisah. Namun dalam ketentuan PT Perorangan seluruh kendala resiko kerugian akan ditanggung oleh pemilik badan usaha sampai harus menutupi hutang usaha dengan menggunakan harta pribadi.

2. Manajemen Administrasi Perusahaan yang Cenderung Lemah

Sejak diterbitkannya sistem PT Perorangan banyak yang pro dan kontra, beberapa orang menganggap bahwa dengan adanya pendirian dan pengelolaan bisnis oleh satu orang saja maka hal ini membuat potensi lemahnya manajemen administrasi dan keuangan di perusahaan tersebut.

3. Tanggung Jawab Besar Bagi Pemilik Usaha

Menjadi pemilik usaha umumnya membuat Anda bisa bersantai dan tinggal memantau perkembangan bisnis. Namun pada sistem PT Perorangan pendiri perlu membuat keputusan-keputusan berat secara independen bagi pebisnis yang tidak terbiasa dalam mengelola semuanya sendiri maka ini bisa menjadi tantangan yang cukup berat.

Penjelasan mengenai kekurangan PT Perorangan di atas kami jelaskan untuk memberikan gambaran kepada Anda berkaitan dengan risiko dan potensi masalah yang mungkin muncul. Hal yang perlu dipahami adalah setiap usaha pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri.

PT Perorangan bukan satu-satunya jenis bisnis yang dipenuhi dengan tantangan. PT konvensional dan CV juga sama, pastikan Anda membuat keputusan yang tepat sebelum membuat usaha.

Bisnis yang Lebih Sesuai Untuk PT Perorangan

Meskipun sulit ikut tender bukan berarti bisnis Anda tidak bisa berkembang, dengan menentukan bidang usaha yang tepat maka PT Perorangan adalah pilihan yang paling tepat. Berkiut ini usaha yang cocok untuk PT perseorangan bisa sukses tanpa ikut tender.

 1. Usaha pertanian : budidaya tanaman hias, usaha tanaman hidroponik, jual beli bibit tanaman, jual alat pertanian, produksi pupuk, dan sebagainya.

2. Usaha perdagangan: distributor produk elektronik, penjualan furnitur dan perlengkapan rumah, penjualan makanan dan minuman, dsb

3. Usaha jasa: jasa rental mobil, jasa service mobil/motor, jasa paket tour, dan sebagainya

Tentunya masih banyak lagi jenis bisnis yang bisa Anda coba untuk mengembangkan potensi PT Perorangan. Penting untuk memperhatikan jenis usaha yang dipilih sebelum menekuni suatu usaha, jika tujuan Anda benar-benar fokus ikut tender proyek besar dan lain sebagainya maka kami sarankan untuk memilih pembuatan PT biasa saja, namun tentunya dengan persiapan yang lebih matang berkaitan dengan adanya manajemen yang baik, team yang profesional, dan kesiapan lainnya.

Apapun jenis badan usaha yang akan Anda urus, selalu pastikan untuk menggunakan layanan konsultan yang terpercaya. Pengelolaan bisnis sudah cukup membuat pusing jangan sampa Anda disibukkan dalam proses melengkapi berkas, pengisian data, dan lain sebagainya.

Bersama Adhikari.co.id kami menyediakan jasa pendirian PT Perorangan dengan proses yang cepat dan mudah. Lakukan konsultasi gratis  kami siap membantu untuk melakukan penyesuaian KBLI 2020 terbaru, mengecek berkas sebelum diajukan ke OSS dan lain sebagainya. Anda tinggal terima beres saja tidak perlu khawatir!

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


error: Content is protected !!
Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?