nib berlaku sebagai apa

NIB Berlaku Sebagai Apa Saja? Ini Penjelasannya

Nomor Induk Berusaha (NIB) menjadi identitas bagi pelaku usaha yang berlokasi di Indonesia. Sejak pertama kali penerbitannya di sistem OSS banyak yang bingung NIB berlaku sebagai apa saja?

Untuk menjawab kebingungan tersebut, kami akan menjawab secara lengkap apa saja peran NIB dalam izin berusaha. Silakan simak penjelasan di bawah untuk mengetahui jawabannya.

NIB Berlaku Sebagai Apa Saja? Ini yang Harus Anda Ketahui

Nomor Induk Berusaha tergolong dokumen yang sifatnya multi fungsi, berikut ini dokumen yang dulu perlu diurus terpisah sekarang digabung menjadi satu dengan NIB.

1. NIB Sebagai TDP dan SIUP

Jika Anda sebelumnya perlu mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan) maka sekarang hal tersebut sudah tidak diperlukan. Selagi Anda sudah mempunyai NIB maka dokumen ini juga berfungsi sebagai TDP.

Tidak hanya TDP, fungsi NIB juga berlaku sebagai pengganti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Dengan ini syarat melengkapi perizinan menjadi lebih murah tidak perlu dobel-dobel mengurus izin yang sekilas mirip, lebih praktis dan memudahkan.

2. Angka Pengenal Importir (API) dan Hak Akses Kepabeanan

NIB juga berlaku sebagai API. Untuk Anda yang sering melakukan kegiatan import barang dari luar negeri untuk kebutuhan produksi atau perdagangan. Anda bisa mengatur bagian ini saat melakukan pengurusan NIB di sistem OSS.

Secara umum terdapat dua jenis API (Angka Pengenal Impor) yang fungsinya sudah terhubung dengan NIB:

  • API-U (Angka Pengenal Impor Umum): API-U merupakan nomor identifikasi yang digunakan untuk kegiatan impor barang yang akan diperdagangkan atau dijual kembali.
  • API-P (Angka Pengenal Impor Produsen): API-P adalah nomor identifikasi yang digunakan untuk kegiatan impor barang yang akan digunakan sendiri sebagai barang modal, bahan baku, bahan penolong, serta atau bahan yang mendukung proses produksi.

Harap diperhatikan, pastikan untuk memilih jenis API yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda untuk mencegah kendala yang tidak diinginkan.

3. Pendaftaran Kepesertaan Pelaku Usaha untuk Jaminan Sosial Kesehatan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Nomor Induk Berusaha (NIB) juga memiliki fungsi sebagai registrasi keikutsertaan pelaku usaha dalam program jaminan sosial, seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya NIB, pelaku usaha secara otomatis tergabung sebagai peserta program jaminan sosial, yang menyediakan perlindungan bagi para pekerja dalam aspek kesehatan dan ketenagakerjaan.

Hal ini sangat penting untuk mendukung kesejahteraan pekerja sekaligus memberikan rasa nyaman dalam menjalankan pekerjaan.

Selain itu, proses registrasi ini turut membantu pelaku usaha dalam menunaikan kewajiban hukum terkait jaminan sosial bagi tenaga kerjanya.

4. Wajib Lapor Ketenagakerjaan Untuk Periode Pertama Pelaku Usaha

Setelah memperoleh NIB, para pelaku usaha diwajibkan untuk menyampaikan data ketenagakerjaan mereka pada periode yang pertama.

Laporan ini mencakup rincian mengenai jumlah pekerja, jenis pekerjaan, serta kondisi kerja di perusahaan.

Kewajiban ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua pelaku usaha mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku dan memberikan informasi yang tepat kepada pemerintah.

Dengan melaporkan data ini, pelaku usaha juga dapat mengakses berbagai program dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah untuk mendukung pengembangan bisnis mereka.

Mengapa NIB Mempunyai Banyak Fungsi?

Nomor Induk Berusaha memiliki lebih dari satu fungsi, tujuannya untuk menyederhanakannya perizinan atau legalitas yang berlaku di Indonesia. Jika Anda perhatikan, dulu pelaku usaha perlu mengurus banyak izin mulai dari TDP, SIUP, API, semuanya perlu dilakukan secara terpisah.

Tentunya ini bisa cukup membingungkan, menguras banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pemerintah berupaya melakukan penyederhanaan dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mendirikan bisnisnya.

Harapannya dengan ini semakin banyak pebisnis yang mau melegalkan usahanya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Jadi, apakah Anda sendiri sudah mempunyai NIB? Jika belum maka ini adalah saat yang tepat untuk mulai mengurusnya.

Anda hanya perlu membuat akun di OSS dan menyelesaikan proses permohonan NIB secara online. Apabila tidak ada waktu atau pernah mencoba sendiri dan gagal, maka Anda bisa menggunakan bantuan tenaga profesional.

Jasa Pembuatan NIB di Indonesia, Solusi Mudah Urus Izin Usaha

Adhikari.co.id menyediakan jasa pembuatan NIB. Nomor Induk Berusaha yang bisa Anda gunakan sebagai API, menggantikan fungsi TDP dan SIUP. Dengan bantuan tim kami Anda tidak perlu mengkhawatirkan prosedur pengurusan izin secara manual.

Keuntungan yang Anda dapatkan antara lain:

  • Proses yang lebih cepat
  • Minim kendala
  • Bergaransi NIB pasti terbit
  • Free konsultasi
  • Penyesuaian KBLI sesuai kegiatan usaha
  • Mengecek persyaratan NIB dengan lengkap

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar layanan NIB, maka Anda bisa menghubungi kami melalui kontak web adhikari.co.id, sekian dan semoga usaha Anda bisa sukses selalu.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *