Cara Mendapatkan Sertifikat Standar OSS RBA Tanpa Ribet

Cara Mendapatkan Sertifikat Standar OSS RBA Tanpa Ribet

Perubahan pada sistem perizinan berusaha sempat membuat masyarakat khawatir hal ini akan mempersulit proses urus perizinan. Untuk usaha skala kecil, opsi pilihan menu yang di tampilkan memang tidak begitu rumit, tetapi hal ini tidak berlaku untuk usaha kategori menengah hingga tinggi karena ada dokumen tambahan yang mesti di urus yakni Sertifikat Standar (SS).

Apa Itu Sertifikat Standar?

Menurut Peraturan Pemerintah No.5 Tahun 2021 Pasal (1) BAB Ketentuan umum di sebutkan bahwa Sertifikat Standar adalah pernyataan dan/atau bukti pemenuhan standar pelaksanaan kegiatan usaha.

Salah satu tantangan membuat Sertifikat Standar adalah setelah proses penerbitan selesai, dokumen tidak langsung terverifikasi, sehingga sertifikat ini belum bisa di gunakan secara efektif.

Hal ini di karenakan Sertifikat Standar OSS memegang peranan penting, verifikasi di lakukan oleh OPD teknis setelah berkas persyaratan sudah di unggah oleh pemohon.

Di lanjutkan pengecekan dari kepala bidang, apabila di temukan ketidaksesuaian dokumen atau kurang lengkap maka SS (Sertifikat Standar) tidak bisa di terbitkan yang bersangkutan perlu melengkapinya lagi.

Apabila berkas lengkap, semua sudah di cek dan valid maka pihak DPMPTSP akan memberikan notifikasi bahwa Sertifikat Standar sudah terverifikasi.

Bagaimana Alur Pembuatan Sertifikat Standar?

Sebenarnya proses pembuatan sertifikat standar ini cukup panjang, kami akan jelaskan secara lebih ringkas sebagai gambaran mendasarnya.

1. Pemohon membuat akun OSS, Anda bisa membuat akun OSS RBA terbaru dengan mengklik opsi “Daftar” di pojok kanan atas halaman utama oss.go.id

Gunakan email aktif, kalau bisa khusus untuk bisnis karena notifikasi dan informasi penting mengenai akun OSS akan dikirimkan ke alamat email tersebut. Ada setidaknya lima tahapan turunan yang harus di lakukan saat membuat akun:

  • Menentukan skala usaha, non UMK (pendapatan lebih dari 5 milyar) dan UMK (pendapatan kurang dari sama dengan 5 milyar)
  • Mengisi jenis pelaku usaha (peroraangan atau badan usaha), nomor telepon, dan NIK
  • Membuat kata sandi dengan kombinasi yang kuat
  • Mengisi profil usaha
  • Akun aktif dan siap di gunakan

2. Memilih permohonan Sertifikat Standar, pemohon mengisi formulir digital yang tersedia sesuai dengan data yang di persyaratkan. Lalu, mengunggah berkas untuk mengajukan mengurus SS. Setelah langkah selesai di lakukan, maka Sertifikat akan terbit, tetapi belum terverifikasi. Notifikasi ini akan di terima pada email Anda

3. Pemohon mengajukan verifikasi, untuk melakukan verifikasi dokumen ini, maka Anda akan diminta untuk mengunggah berkas-berkas dan mengisi data tambahan. Sertifikat Standar pada umumnya memang di terbitkan oleh Pemerintah RI, tetapi persetujuannya di lakukan terstruktur ada pengecekan dari Kabupaten/Kota setempat, sehingga membutuhkan waktu lebih lama daripada penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha).

Adakah Jasa Pembuatan Sertifikat Standar Untuk Mempersingkat Prosesnya?

Anda beruntung di tahun 2023 ini sudah cukup banyak biro jasa yang menyediakan jasa pengurusan Sertifikat Standar dan perizinan OSS, salah satunya adalah Adhikari.co.id perusahaan konsultan terpercaya di indonesia.

Kami adalah partner bagi para pelaku usaha baik itu UMK atau Non-UMK termasuk menyediakan jasa pendirian PT Perorangan. Fokus utama layanan pengurusan izin di bentuk guna mempermudah sekaligus meningkatkan efektivitas waktu Anda dalam mengurus izin usaha sekaligus persoalan rumit seperti dokumen SS yang harus di verifikasi supaya bisa aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Perlu di pahami bahwa tim kami sepenuhnya menggunakan platform perizinan utama yakni oss.go.id, full perizinan di lakukan secara online tanpa perlu merepotkan Anda untuk datang ke kantor.

Ini adalah masa depan perizinan usaha, meskipun sebagian dari Anda mengalami kesulitan dalam mengurus perizinan, Adhikari senantiasa siap untuk memberikan bantuan yang Anda butuhkan.

Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Jasa Urus Sertfiikat Standar

Selama menyediakan layanan, kami berfokus pada solusi dan penyelesaian bagaimana caranya agar setiap klien bisa mendapatkan perizinan yang lengkap sesuai dengan apa yang di butuhkan dalam memaksimalkan legalitas bisnis.

Kami siap memberikan banyak benefit kepada Anda, seperti:

  • Menjamin proses pengurusan yang aman
  • Membuatkan akun dan password OSS RBA sesuai permintaan Anda
  • Support profesional dari konsultan secara online
  • Biaya pengurusan sertifikat standar yang murah dan terjangkau
  • Memberikan garansi sertifikat pasti terbit dan bisa di gunakan sebagaimana mestinya
  • Memberikan pelayanan yang cepat, fast respons, dan solutif ketika terjadi meminimalisir kendala
  • Berkomitmen menjaga rahasia dan data pribadi perorangan/perusahaan

Sepertinya mengurus Sertifikat Standar memang 80% jauh lebih mudah menggunakan jasa profesional di bandingkan memprosesnya secara mandiri. Selain waktu yang tidak sebentar, Anda juga harus berurusan dengan serangkaian problem tidak terduga.

Namun, dengan adanya jasa pembuatan sertifikat OSS RBA semua masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal ini, customer bisa langsung menghubungi admin kami di nomor yang tertera di website adhikari.co.id, lebih praktis klik WA langsung terhubung dengan admin. Selain sertifikat ini, kami juga menyediakan jasa pembuatan NIB, bia di buat satu paket dengan biaya pengurusan yang terjangkau.

Pastikan perizinan usaha Anda sudah lengkap untuk kepentingan perkembangan bisnis jangka panjang. Profit berlimpah pengurusan legalitas tanpa susah di Adhikari.co.id!

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *