Kehadiran jasa pembuatan PT dan virtual office menjadi bukti bahwa dunia kerja kini lebih fleksibel dalam kepemilikan tempat kerja. Secara garis besar, virtual office adalah kantor virtual yang di pakai perusahaan untuk berkirim surat atau kebutuhan lainnya dalam kemudahan komunikasi dengan klien.
Sebenarnya virtual office sudah eksis sejak 2000, tetapi kembali tren karena meningkatnya kebutuhan pebisnis dengan bujet terbatas. Anda berminat menggunakan jasa pendirian PT dengan virtual office? Simak dulu sejumlah kelebihan dan kekurangannya berikut ini!
Kelebihan bisnis dengan virtual office
- Biaya sewa yang lebih bersahabat
Di kota besar seperti Jakarta, rata-rata virtual office di patok dengan tarif sewa terjangkau, yakni dari Rp6 juta hingga Rp15 juta per tahun. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan kantor ukuran 20 meter persegi. Dengan harga tersebut, pebisnis pemula atau perintis dapat mengembangkan usahanya secara legal tanpa terhalang sewa tempat.
- Menekan pengeluaran untuk gaji karyawan
Sebagian besar penyedia virtual office sudah menyediakan fasilitas penunjang yang membantu Anda menjalankan bisnis. Misalnya saja keberadaan resepsionis dan sekretaris yang siap menerima surat maupun paket lain. Dengan begitu, Anda tak akan repot mencari karyawan untuk mengisi posisi tadi dan mengalokasikan bujet untuk kepentingan lain.
- Fasilitas selengkap kantor konvensional
Alasan lain yang membuat jasa pembuatan PT dan virtual office di minati adalah fasilitas-fasilitas yang di sediakan hampir sama lengkapnya dengan kantor konvensional. Anda akan menemukan perangkat seperti komputer, telepon, dan alat tulis. Selain itu, ada fasilitas seperti ruang rapat yang biasanya akan di kenakan tarif sesuai durasi pemakaian.
Kekurangan bisnis dengan virtual office
- Bujet untuk kebutuhan komunikasi meningkat
Walau anggaran untuk gaji karyawan berkurang, ada kebutuhan lain yang bujetnya meningkat, yakni komunikasi. Pasalnya, Anda harus menyiapkan nomor untuk telepon, chatting, dan kontak lainnya yang harus aktif saat di hubungi. Situasinya akan lebih merepotkan kalau Anda masih menggunakan nomor telepon dari penyedia virtual office.
- Waktu pertemuan lebih terbatas dengan calon klien
Ketika mengatur pertemuan dengan calon klien di virtual office, Anda harus memperhatikan durasi mengingat akan ada tarif yang di kenakan. Hal tersebut kadang jadi hambatan apabila pertemuannya cukup penting dan memakan waktu lama. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat meminta calon klien untuk menyiapkan materi yang jadi prioritas untuk didiskusikan.
- Kurang direkomendasikan untuk perusahaan besar
Ada alasan yang membuat virtual office lebih cocok untuk pebisnis menengah ke bawah, yakni kapasitasnya yang terbatas. Ketika di gunakan perusahaan besar, virtual office kemungkinan akan kerepotan menyediakan layanan dan fasilitas tertentu. Selain itu, kredibilitas perusahaan bisa saja menurun karena Anda belum punya kantor tetap.
Bagaimana berminat menggunakan jasa pembuatan PT dan virtual office?