5 Manfaat Mengurus Sertifikat ISO untuk Perusahaan

Apa manfaat yang di peroleh jika mengurus ISO? Semakin meningkatnya topik seputar ISO di internet membuat banyak pihak yang mempertanyakan hal ini.

Bukan tanpa alasan, sejumlah organisasi dan badan usaha mungkin masih heran dengan besarnya biaya yang perlu di keluarkan untuk memperoleh ISO. Tentunya cukup masuk akal jika mereka ingin tahu benefit di balik pengurusan standardisasi internasional semacam ini.

Belum lagi soal implementasinya yang bisa memakan waktu cukup lama. Semakin menambah rasa penasaran banyak pihak untuk mendalami, sebenarnya manfaat ISO itu apa?

Di bawah ini akan kami coba jelaskan berbagai nilai lebih dari sertifikasi ISO bagi perusahaan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Silahkan simak informasi berikut.

Manfaat Mengurus ISO yang Belum Banyak Di ketahui Orang-orang

Ada lima poin penting benefit yang bisa di peroleh dengan mengurus ISO. Mari kita pahami bersama.

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen, Mitra Bisnis, dan Investor

Kepercayaan (trust) antara beberapa pihak bisa di bangun dengan banyak cara. ISO sebagai standar internasional juga mampu menunjang goal tersebut. Perusahaan yang memiliki ISO sebagai contoh ISO 9001:2015 sistem manajemen mutu dan kualitas lebih di percaya konsumen.

Baik itu produk maupun layanan jasa yang di sediakan. Selain itu, mitra bisnis baru juga lebih percaya jika badan usaha sudah berlegalitas dan tersertifikasi ISO.

Hal yang sama juga berlaku untuk sudut pandang investor, mereka yang ingin menanamkan modal di perusahaan tentunya pikir-pikir dulu melihat apakah badan usaha ini cukup terpercaya atau tidak. Terlebih lagi jika besaran modalnya cukup besar, tentunya risikonya juga tinggi.

2. Memperbaiki Kualitas Produksi dan Standar Operasional

Kepercayaan terbangun bukan tanpa alasan, melainkan dapat di dasari karena bagusnya kualitas dari produk maupun layanan jasa yang di tawarkan. Standar ISO membantu badan usaha untuk mencapai goal tersebut.

Bagaimana ISO bisa memperbaiki kualitas produksi? Tentunya melalui penetapan regulasi dan implementasi kebijakan yang terstruktur. Dalam proses pengurusan ISO ada yang namanya “Gap analysis” bertujuan untuk mengukur perbedaan antara keadaan aktual dan kinerja organisasi.

Dengan begitu bagian yang masih lemah atau kurang bisa di perbaiki. Proses ini terbilang cukup kompleks, mengingat kondisi setiap perusahaan pasti berbeda-beda. Ada yang tinggal melengkapi beberapa poin, ada juga yang harus mengevaluasi sistemnya secara menyeluruh.

3. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Biaya

Selanjutnya, bicara soal biaya kami yakin owner perusahaan manapun pasti tertarik membicarakan soal hal ini. Jika kami katakan manfaat mengurus ISO bisa menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi apakah Anda akan percaya?

Terkesan tidak mungkin, tapi memang begitulah faktanya. Salah satu benefit menerapkan standar ISO mampu meminimalisir biaya yang tidak perlu dan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

Kita bicara soal ISO secara luas, ada standar ISO 31000 yang di dalamnya berisi pedoman untuk melakukan manajemen risiko. Apabila perusahaan Anda mampu mengimplementasikan sistem ini dengan baik, tentu cukup masuk akal jika risiko dapat di kendalikan. Secara tidak langsung menjadi upaya untuk mengurangi kerugian yang mungkin bisa lebih besar daripada perkiraan.

4. Bersiap untuk Bersaing di Kancah Internasional

Persaingan bisnis tidak hanya terjadi di skala nasional saja. Ada ancaman yang lebih besar yaitu kompetisi bisnis dari berbagai negara. ISO merupakan standar yang di akui oleh hampir seluruh negara di dunia membantu badan usaha untuk mempersiapkan usaha untuk tingkat yang lebih baik.

Produk atau jasa Anda akan memiliki value lebih, jika perusahaan berhasil tersertifikasi ISO. Terlebih lagi untuk jenis ISO yang relevan dengan bisnis, misal perusahaan IoT sebaiknya memiliki ISO 27001. Kemudian, badan usaha FMCG sebaiknya sudah ISO 22000 di lengkapi dengan standar HACCP.

5. Menambah Pengetahuan Memperbaiki Kualitas SDM

Anda keliru jika ISO hanya bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa. Karena, tujuan utama ISO untuk jangka panjang adalah menambah pengetahuan, meningkatkan awareness sehingga dapat memperbaiki kualitas SDM.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pengenalan ISO membuka pengetahuan dan memberikan pemahaman yang lebih baik untuk berbagai pihak. Tidak hanya pimpinan atau direktur melainkan juga termasuk para staf dan juga karyawan di perusahaan Anda.

Bersiap untuk Mengurus ISO Hari Ini

Bagaimana sudah siap untuk mengurus ISO? Hubungi Adhikari.co.id, kami menyediakan sertifikasi ISO baik akreditasi maupun non-akreditasi. Tersedia ISO akreditasi KAN, IAS, ASCB, dan lain sebagainya.

Adapun untuk jasa pengurusan ISO di tempat kami antara lain:

  • ISO 9001
  • ISO 27001
  • ISO 14001
  • ISO 45001
  • ISO 22000
  • ISO 37001

Dapatkan layanan konsultasi dan sertifikasi sekarang juga, layanan tersedia untuk seluruh badan usaha dan organisasi di Indonesia. Dapatkan manfaat mengurus ISO untuk perkembangan bisnis masa mendatang!

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *