5 Kesalahan yang Harus Diwaspadai saat Memakai Jasa Pengurusan PT

Untuk menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan, tak sedikit pelaku bisnis yang memakai jasa pengurusan PT membantu pengelolaan. Bersama profesional, Anda akan lebih mudah mengatur konsep perusahaan hingga strategi yang akan dilancarkan sesuai jenis bidang.

Fokus terhadap tujuan memang penting supaya Anda mendapatkan keuntungan dan memenuhi target-target lain yang diharapkan. Di sisi lain, Anda jangan sampai mengabaikan risiko kesalahan yang mungkin saja terjadi selama memakai jasa pendirian PT. Lantas, apa saja kekeliruan yang sering kali dilakukan pebisnis?

  • Lokasi atau domisili usaha bermasalah

Salah satu syarat yang harus dipenuhi lokasi atau domisili usaha adalah sudah mengantungi IMB atau Izin Mendirikan Bangunan. Sudah ada banyak PT yang terkena skandal atau sengketa karena ternyata bangunannya berdiri di atas lahan bermasalah atau belum mendapatkan perlindungan hukum. Untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut, Anda bisa menyewa kantor virtual atau VO apabila modal yang dikumpulkan masih terbatas.

  • Belum melakukan aktivasi untuk BPJS

Percaya atau tidak, masih ada beberapa PT yang belum mengaktivasi BPJS meski sudah lama beroperasi. Padahal registrasi atau pendaftaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dibutuhkan untuk menjamin kesejahteraan karyawan. Sebelum kena tuntutan atau tersandung masalah, ada baiknya Anda mempersiapkan aktivasi BPJS sejak menangani jasa pengurusan PT, baik secara online lewat website atau datang ke kantor domisili.

  • Tidak menyiapkan daftar pemegang dan sertifikat saham

Ketika mendirikan PT, masing-masing pihak yang terlibat memegang peran dengan kewajiban berbeda yang harus dipahami. Misalnya, direktur yang berkewajiban menyusun DPS atau Daftar Pemegang Saham serta Sertifikat Saham. Tanpa daftar ini, Anda akan kesulitan dalam menjaga hak-hak pemilik dan/atau pihak yang memegang saham seperti yang tercantum dalam Pasal 52 UU 40/2007 tentang Perseroan Terbatas.

  • Melewatkan pelaksanaan RUPS pertama

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) menentukan kekuasaan tertinggi. Pertemuan ini pula yang akan memberikan sejumlah kewenangan terkait kebijaksanaan yang diterapkan di PT, termasuk dalam memberhentikan direksi dan komisaris. Melewatkan pelaksanaan RUPS pertama jelas akan membahayakan posisi PT dan mengancam keberlangsungannya di masa depan. Jadi, jangan sampai Anda menghindari rapat krusial ini.

  • Kurang hati-hati menentukan kegiatan usaha

Kesalahan terakhir yang masih dilakukan pelaku bisnis adalah kurang cermat menentukan kegiatan usaha yang akan dijalankan. Hal ini mencakup tak memahami fungsi KBLI atau hanya menyerahkan tugas kepada pihak tertentu yang belum kompeten. Akibatnya, kemungkinan Anda kalah tender lebih besar. Selain itu, Anda bisa saja mengeluarkan bujet lebih besar saat mengurus maupun mengubah izin usaha tertentu. Mudah-mudahan dengan mewaspadai lima kesalahan ini, Anda akan lebih hati-hati saat memilih jasa pengurusan PT hingga mengelola perusahaan tersebut.

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?