Kelebihan dan Kekurangan dalam Jasa Pembuatan PT dan Virtual Office

Kehadiran jasa pembuatan PT dan virtual office menjadi bukti bahwa dunia kerja kini lebih fleksibel dalam kepemilikan tempat kerja. Secara garis besar, virtual office adalah kantor virtual yang dipakai perusahaan untuk berkirim surat atau kebutuhan lainnya dalam kemudahan komunikasi dengan klien. 

Sebenarnya virtual office sudah eksis sejak 2000, tetapi kembali tren karena meningkatnya kebutuhan pebisnis dengan bujet terbatas. Anda berminat menggunakan jasa pendirian PT dengan virtual office? Simak dulu sejumlah kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan bisnis dengan virtual office

  • Biaya sewa yang lebih bersahabat

Di kota besar seperti Jakarta, rata-rata virtual office dipatok dengan tarif sewa terjangkau, yakni dari Rp6 juta hingga Rp15 juta per tahun. Dengan biaya tersebut, Anda akan mendapatkan kantor ukuran 20 meter persegi. Dengan harga tersebut, pebisnis pemula atau perintis dapat mengembangkan usahanya secara legal tanpa terhalang sewa tempat.

  • Menekan pengeluaran untuk gaji karyawan

Sebagian besar penyedia virtual office sudah menyediakan fasilitas penunjang yang membantu Anda menjalankan bisnis. Misalnya saja keberadaan resepsionis dan sekretaris yang siap menerima surat maupun paket lain. Dengan begitu, Anda tak akan repot mencari karyawan untuk mengisi posisi tadi dan mengalokasikan bujet untuk kepentingan lain.

  • Fasilitas selengkap kantor konvensional

Alasan lain yang membuat jasa pembuatan PT dan virtual office diminati adalah fasilitas-fasilitas yang disediakan hampir sama lengkapnya dengan kantor konvensional. Anda akan menemukan perangkat seperti komputer, telepon, dan alat tulis. Selain itu, ada fasilitas seperti ruang rapat yang biasanya akan dikenakan tarif sesuai durasi pemakaian.

Kekurangan bisnis dengan virtual office

  • Bujet untuk kebutuhan komunikasi meningkat

Walau anggaran untuk gaji karyawan berkurang, ada kebutuhan lain yang bujetnya meningkat, yakni komunikasi. Pasalnya, Anda harus menyiapkan nomor untuk telepon, chatting, dan kontak lainnya yang harus aktif saat dihubungi. Situasinya akan lebih merepotkan kalau Anda masih menggunakan nomor telepon dari penyedia virtual office.

  • Waktu pertemuan lebih terbatas dengan calon klien

Ketika mengatur pertemuan dengan calon klien di virtual office, Anda harus memperhatikan durasi mengingat akan ada tarif yang dikenakan. Hal tersebut kadang jadi hambatan apabila pertemuannya cukup penting dan memakan waktu lama. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat meminta calon klien untuk menyiapkan materi yang jadi prioritas untuk didiskusikan.

  • Kurang direkomendasikan untuk perusahaan besar

Ada alasan yang membuat virtual office lebih cocok untuk pebisnis menengah ke bawah, yakni kapasitasnya yang terbatas. Ketika digunakan perusahaan besar, virtual office kemungkinan akan kerepotan menyediakan layanan dan fasilitas tertentu. Selain itu, kredibilitas perusahaan bisa saja menurun karena Anda belum punya kantor tetap.

Bagaimana berminat menggunakan jasa pembuatan PT dan virtual office?

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Open chat
Kontak Kami
Ada yang bisa kami bantu?